Ekowisata Bahari sebagai Sarana Edukasi






by Septireza Fahlevi  


Perkembangan pesat ekowisata bahari di Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai edukasi kepada masyarakat luas. Masyarakat dapat diajarkan mengenai pentingnya laut sebagai salah satu penunjang kehidupan manusia, terutama masyarakat pesisir. Melalui ekowisata bahari, masyarakat diajarkan untuk mengenal ekosistem pesisir, seperti mangrove dan terumbu karang. Masyarakat dapat mengetahui fungsi ekosistem, mangrove dan terumbu karang dan fungsinya bagi kehidupan.
Melalui ekowisata yang bijak, masyarakat diajak mengenal laut melalui kegiatan snorkling ataupun selam. Produk ekowisata bahari juga dituntut bisa mengedukasi masyarakat. Salah satu produk ekowisata yang bisa dijadikan sarana edukasi ialah adopsi karang dan adopsi penyu. Melalui adopsi karang, masyarakat dapat belajar tentang fungsi ekosistem terumbu karang dan dampak akibat kerusakan ekosistem terumbu karang. Masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam pemulihan kondisi terumbu karang yang rusak.

Ekowisata bahari yang bijak juga membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan kesejahteraan. Masyarakat setempat dapat menjadi pemandu wisata ataupun penyedia jasa ekowisata bahari. Selain itu, masyarakat setempat juga dapat menjaga lingkungan lautnya. Masyarakat setempat juga dapat berbagi wawasan lokal tentang kelautan kepada masyarakat lainnya melalui kegiatan ekowisata.