Melihat panorama Pantai Pasir Panjang


Tinjauan

Kota Singkawang dikenal sebagai kota Amoy dan Chinatown-nya Indonesia karena mayoritas penduduknya merupakan etnis Tionghoa. Mengunjungi kota yang berbatasan langsung dengan Serawak ini tentu belum lengkap bila belum mengunjungi Pantai Pasir Panjang.
Pantai yang menjadi ikon pariwisata kota Singkawang dan salah satu Objek Wisata Alam Indonesia andalan Provinsi Kalimantan Barat ini telah dikembangkan menjadi sebuah paket wisata terpadu bernama Taman Pasir Panjang Indah (TPPI).
Dinamakan dengan Pantai Pasir Panjang karena pantainya membentang melengkungi laut lepas. Dari bibir Pantai Pasir Panjang, Anda dapat menikmati panorama laut biru, melihat hijaunya Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dipagari perairan Laut Natuna. Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan Wisata Pantai Pasir Panjang ini nyaman digunakan untuk berjemur atau melakukan aktivitas olahraga, seperti voli dan sepak bola pantai. Air lautnya yang jernih dan bersih sangat mendukung aktivitas Anda yang ingin berenang atau menyelam di Pantai Pasir Panjang ini. Ombak yang relatif besar tepat sekali digunakan sebagai arena berselancar dan area memancing. Suasana kawasan Objek Wisata Pantai Pasir Panjang ini kian ekslusif menjelang detik-detik terbenamnya matahari. Anda dapat menikmatinya dari pinggir pantai atau dari pondok-pondok yang banyak terdapat di kawasan tersebut. Bila bosan beraktifitas di Objek Wisata Pantai ini, Anda dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai atau bersantai di shelter yang terdapat di Semenanjung Cinta. Kota Singkawang berjarak sekitar 142 km dari Pontianak. Untuk Menuju Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang, dari Bandara Supadio atau Terminal Bus Pontianak, Anda dapat naik taksi, travel, atau bus sampai Singkawang. Dari sana, Pantai Pasir Panjang berjarak 17 km dan dapat di tempuh dengan taksi, bus, atau minibus.

Hamparan pasir putih yang seperti karpet, bebatuan, panorama alamnya yang masih alami dan air lautanya yang tenang menjadikan pantai ini sangat layak untuk dikunjungi. Rasakan hembusan angin laut membelai kulit Anda ketika Anda berjalan di sepanjang garis pantai sambil memandang ke laut lepas. Suasana akan semakin indah ketika matahari mulai menghilang di ufuk barat.

Fasilitas pendukung yang tersedia seperti kolam renang, motel, pemancingan, restoran, diskotik dan sarana bermain. Terdapat sarana olah raga bermotor seperti track/sirkuit bagi para kawula muda untuk menyalurkan bakatnya dalam road race maupun grass track. Dengan air laut yang tenang pantai ini juga cocok untuk berkembangnya olah raga jetsky dan parasailling. Pasir panjang merupakan kawasan yang strategis karena letaknya di pinggir jalur transportasi antara ibu kota propinsi, Pontianak dengan Kota Singkawang dan kota-kota di sekitar jalur Utara Kalimantan Barat. Pantai Pasir Panjang telah lama menjadi tempat rekreasi yang terkenal, menghadap ke Laut Natuna serta beberapa pulau kecil di sekitarnya antara lain Pulau Randayan, Pulau Lemukutan dan Pulau Kabung.


Transportasi

Kota Singkawang berjarak sekitar 142 kilometer dari Kota Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Dari Bandara Supadio atau Terminal Bus Pontianak, pengunjung dapat naik taksi, travel, atau bus sampai Kota Singkawang. Dari Kota Singkawang, Pantai Pasir Panjang berjarak sekitar 17 kilometer. Pengunjung dapat menuju pantai ini dengan menggunakan taksi, bus, atau minibus.

Harga Tiket

Pengunjung dipungut biaya sebesar Rp5.000,00 per orang.

Kegiatan

Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman digunakan untuk berjemur atau melakukan aktivitas olahraga, seperti voli pantai dan sepakbola pantai.

Bila bosan di pantai, pengunjung dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai, atau bersantai di shelter-shelter yang terdapat di Semenanjung Cinta.


Sumber : http://www.indonesia.travel/id/destination/579/pantai-pasir-panjang